Pendapat Kami

Adalah begitu banyak pertanyaan dan juga diskusi menyangkut peredaran ebook-ebook yang ada di sini, baik yang mempertanyakan perizinan dan penyesalan sebagian ikhwah karena memandang kami sudah tidak ikhlas lagi bahkan cenderung untuk menjadikan ebook-ebook yang ada disini sebagai ladang usaha untuk mendulang ‘fulus’ secara tidak benar.

Kami secara sadar melakukan ini semua berdasarkan pertimbangan sedikit ilmu yang dapat kami serap dari kitab-kitab ulama, dan ini  pendapat kami kenapa kami melakukan hal ini.

1. Kami memandang Hak Cipta Ilmu Agama adalah Milik Allah subhanahu wata’ala.

berdasarkan pemikiran itu kami berpendapat seluruh ilmu agama adalah milik Allah dan setiap muslim berhak mendapatkan pengajaran dan memperoleh ilmu tersebut dengan berbagai jalan yang mampu ditempuhnya. Klaim bahwa seorang muslim menciptakan sesuatu yang baru dalam Ilmu agama adalah pengakuan sepihak, yang kami tidak akan sekali-kali setuju dengan perkara ini. (sesungguhnya para nabi tidak mewarisi dinar dan dirham, tapi mereka mewarisi ilmu..HR Ibnu Majah.), kita adalah pewarisnya…seluruh kaum muslimin adalah pewarisnya…maka ambilah warisan itu, tak ada yang berhak mengklaim ini milik si fulan, kecuali sebatas nisbat ilmiah…adapun hakekat Ilmu tetap milik Allah, diwariskan para nabi dan seluruh kaum muslimin adalah pewarisnya tanpa terkecuali !!

2. Belum pernah ditemui pada buku-buku ulama salaf tercantum keterangan dilarang memperbanyak atau menukil sebagian atau seluruhnya tanpa izin.

Oleh karena itu kami memandang orang yang mencantumkan hal tersebut, tidak mengikuti jalannya para pendahulu yang shalih, tetapi mungkin mengikuti kebiasaan kaum kapitalis yang mencantumkan pada buku-buku mereka yang nota bene bukan ilmu agama dan mengikuti perundang-undangan kaum sekuler. Baca selengkapnya tentang hak cipta disini

3. Syariat mengatakan ‘Yang mengetahui hendaknya memberi tahu pada yang tidak mengetahui’, Yang hadir hendaknya menyampaikan kepada yang tidak hadir…

Ini kewajiban syariat yang hampir setiap muslim mengetahuinya. Jalan penyampaian ilmu bisa lewat lisan dengan membacakan buku/kitab yang dikaji yaitu dengan cara ceramah dan kajian-kajian dakwah. Adapun kami memanfaatkan sisi positif dari perkembangan teknologi.

Kami mengetahui isi dari sebuah buku, maka isinya kami sampaikan kepada ikhwah sekalian dengan mengemasnya dalam bentuk ebook. Kami hadir dan menjadi saksi akan sebuah buku..buku itu saya sampaikan kepada yang tidak hadir (yang tidak memiliki bukunya karena berbagai hal, atau walau sudah punya tetapi mau memiliki ebooknya karena alasan praktis dan yang semisal)

4. Ada ungkapan segala-galanya butuh uang, walau uang bukan segala-galanya.

Perlu diketahui untuk proses pembikinan ebook semuanya tidak kami dapatkan gratis, dari mulai pembelian buku, scanner, softwere dan koneksi internet dan komputernya itu sendiri adalah semua kami bayar, kami tidak menggunakan fasilitas gratis dari kantor (*karena emang tidak ada ^_^*).

Selanjutnya kami katakan, kami tidak berafiliasi dengan kelompok Islam manapun baik yang menyatakan salafy atau pun tidak. Baik yang tertuduh “Hadadiyun maupun Sururiyun “. Ini cuma pekerjaan perseorangan yang tidak ada kaitannya dengan manhaj tertentu, walau ebook yang kami buat bisa dikatakan condong kepada manhaj salaf. Karena manhaj salaf adalah manhaj yang lurus, siapapun hendaklah mengikuti jalan pendahulu yang shalih, bukan kelompok-kelompok dari ustadz fulan dan ustadz fulan.

5. Muslim yang baik adalah yang bermanfaat bagi muslim lainnya

Mudah-mudahan apa yang kami perbuat bisa mendatangkan manfaat kepada manusia lainnya sehingga kami termasuk dalam sabda rasul diatas. Perbuatan menghalang-halangi penyebaran ilmu termasuk membatasi nikmat Allah dan warisan para nabi yang luas ini. Apalagi pertimbangannya hanya berdasarkan UU Hak Cipta buatan manusia yang diada-adakan.

6. Tidak ada paksaan untuk download disini, Jika engkau ragu akan sesuatu maka tinggalkanlah…….

Inilah kata pamungkas dari saya, kami tidak memaksa anda untuk berkunjung, mendownload, daftar menjadi member atau membeli  ebook yang kami tawarkan. Jika kalian ragu dengan pendapat saya di atas, silakan tinggalkanlah……

selanjutnya, setiap harga yang kami tetapkan adalah sebagai biaya pengganti pembuatan ebook. jika anda merasa kemahalan silakan buat sendiri. mudah bukan? . ^_^

(Maaf – Belakangan muncul kaum-kaum munafik-muntanaqid yang kontra dengan apa yang kami kerjakan, akan tetapi ketika ebook produksi kami tersebar luas di internet, mereka paling sigap mendowload dan serasa mendapat durian runtuh – Jika perkaranya karena tidak mampu membayar biaya pengganti yang saya tetapkan, masih bisa saya maklumi, Jika bukan,  mereka seperti  orang yang menelan ludahnya sendiri – Semoga anda tidak termasuk ke dalam orang-orang seperti ini… amiin)

Akhirul Kalam. Kami cuma bekerja sebatas kemampuan kami, dalam rangka memberi kemudahan tersebarnya ilmu, tanpa dibatasi oleh wilayah atau Undang-Undang bid’ah  kaum sekuler/nasionalis/kapitalis yang diada-adakan, mudah-mudahan Allah melihat pekerjaan kami… Amiin.

(Dan Alhamdulilah Allah Senantiasa Memberi Kebaikan Kepada Kami, Hasbunallah wa ni’mal wakil)

Barakallahu fikum.