Mukhtashar Syama'il Muhammadiyah

Judul Asli : Mukhtashar Syama’il Muhammadiyah
Judul Terjemah : Kesempurnaan Pribadi dan Akhlak Rasulullah saw
Penulis : Imam Tirmidzi
Tahqiq : Muhammad Nashiruddin Al-Albani
File : 3 MB/djvu, 283 hal


Buku ini adalah bagian dari juz yang tipis, yang telah diringkas dari kitab Asy-Syama’il Al Muhammadiyah karangan Imam At-Tirmidzi, pemilik kitab (As-Sunan) yang dikenal dengan nama beliau.

Semoga buku ini menjadi petunjuk bagi semua kaum muslimin untuk mengenal akhlak mulia Rasulullah SAW dan tabiat beliau yang sangat luhur. Hal ini dapat memberikan dorongan kepada mereka untuk mengikuti petunjuk beliau dan berakhlak seperti beliau, serta mengambil cahaya dari beliau di zaman ketika kaum muslimin mulai melupakan firman Allah SWT, “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah SAW itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Qs. Al Ahzaab(33): 21).

Secara khusus mereka adalah sebagian para da’i dan lainnya, tetapi mereka telah menjauhkan diri dari Sunnah SAW pada sebagian besar hidayah dan akhlak beliau seperti; sederhana dalam berpakaian, dan petunjuk beliau dalam hal makan, minum, tidur, shalat, serta ibadah. Bahkan ada di antara mereka yang menjauhkan orang-orang yang mengikuti Sunnah Rasulullah SAW seperti, makan dan minum sambil duduk, dan memendekkan celana hingga di atas dua mata kaki mereka menganggap semua itu (Sunnah) sebagai ancaman, dan menjauhnya selain kaum muslimin dari Islam.

Oleh karena itu, maka akan diketemukan diantara sebagian mereka yang tidak memperhatikan masalah tersebut contohnya, mengulur celananya sehingga menyentuh tanah, dengan perasangka bahwa dia tidak melakukannya karena kesombongan, dan dengan alasan perkataan Rasulullah SAW kepada Abu Bakar RA “Engkau tidak termasuk melakukannya dengan kesombongan’. Sementara mereka lupa perbedaan yang jelas antara beliau RA dengan diri mereka karena sebenarnya beliau tidak sengaja untuk berbuat demikian, sebagaimana didalam pengakuan beliau yang jelas. “Sesungguhnya salah satu bagian dari kainku kepanjangan” (Hadits (90) Ghayatul Maram).

Mari jadikan setiap Perilaku Rasulullah saw, menjadi pedoman dalam setiap langkah kehidupan kita.

Silakan baca registrasi untuk mendapatkan ebook ini.

Tentang mykampungsunnah

yoga permana tea teu bireuk deui
Pos ini dipublikasikan di Akhlaq, sejarah/biografi dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s