Musnad Imam Ahmad, Jilid 2

Judul : Terjemah Musnad Imam Ahmad Jilid 2
Penulis : Imam Ahmad
Tahqiq : Ahmad Muhammad Syakir
Halaman : 996
File Ebook : 13 MB/Djvu


Al Khathib Al Baghdadi Berkata , “Aku melihat banyak sekali faidah dalam kitab (Al Musnad) ini. Mungkin ada sesuatu yang diinginkan dari kitab ini. Oleh karena itu, hendaknya ada orang yang mau meriwayatkannya (mentakhrijnya) sehingga yang samar menjadi jelas, dan jauhnya jarak kehidupan penulis kitab ini dapat terasa dekat dengan mempelajarinya. Sehingga orang menjadi butuh dan menginginkan keberadaannya.”

Kesulitan dari Al Musnad ini adalah faktor utama yang dikeluhkan oieh para pembesar dan ulama-ulama hadits. Hal ini membuat Al Hafizh Adz-Dzahabi berkata, “Semoga Allah memunculkan seseorang yang mau membaktikan diri kepada kitab yang berharga ini, mau memfokuskan dirinya pada kitab ini, mengomentari rijal-rijal haditsnya, dan merapihkan letak-letaknya. Kitab ini berisikan sebagian besar hadits-hadits Rasulullah.”

Mudah-mudahan doa Adz-Dzahabi ini telah dikabulkan dengan apa yang telah dilakukan oleh Syekh Ahmad Syakir dalam mempublikasikan cetakan kitab yang istimewa ini. Ini merupakan cita-cita dalam hidupnya dan tujuan yang ingin dicapainya selama bertahun-tahun. Dia telah membuat penomoran pada hadits-hadits tersebut secara berurutan sebagai tanda untuk setiap hadits tersebut. Dia juga membuat beberapa indeks yang diciptakannya sendiri. Di antaranya adalah indeks para sahabat periwayat hadits yang disusunnya berdasarkan urutan abjad. Kemudian, indeks tentang jarh wa ta’dil, indeks tempat dan nama tokoh yang disebutkan dalam matan hadits, dan indeks tentang hadits gharib.

Sungguh kitab ini merupakan amal yang sangat mulia dan agung. Ini semua bukanlah buah dari membaca secara singkat atau sekedar mengisi waktu luang dengan sesuatu yang nikmat, menghibur dan cara mudah saja. Kitab ini adalah hasil kerja keras yang terus menerus, kecermatan yang menyeluruh, penelitian yang cermat, dan mendalami isi kandungan setiap kitab dan naskah-naskah yang mendukung kitab ini. Sahabat saya ini telah menghabiskan seperempat abad dalam menyusunnya. Jika saja waktu tersebut dia gunakan untuk menulis buku-buku ringan, mungkin puluhan buku yang telah ditulisnya, telah banyak uang yang dikumpulkannya, dan namanya akan selalu dikenang.

Kitab yang sempurna ini tidak ada bandingannya di antara kitab-kitab Islam lainnya yang telah dicetak, terutama dalam kecermatan dan ketelitian dari kitab ini. Tidak ada pula yang dapat menandingi keindahannya, yang mampu membuat hati para pembacanya menjadi lapang, menjernihkan pandangan, dan membuat jiwa-jiwa menjadi rindu untuk membacanya. Ini merupakan karya teragung yang pernah ada pada zaman ini. Semoga Allah memberikan balasan yang terbaik kepada pihak penerbit atas usahanya. Semoga Allah memberikan pertolongan kepadanya untuk dapat menyempurnakan sisa cetakan Al Musnad ini dan juga kitab-kitab lainnya, yang penyebarannya bertujuan untuk berbakti kepada  dunia Islam, serta melestarikan ilmu pengetahuannya yang agung. Insya Allah.

Demikian nukilan sambutan dari syaikh Hamid Al-Faqi yang dipublikasikan di majalah Al-Kitab edisi bulan April 1947.

Silakan baca registrasi untuk mendapatkan ebook ini.

Tentang mykampungsunnah

yoga permana tea teu bireuk deui
Pos ini dipublikasikan di Hadits dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Musnad Imam Ahmad, Jilid 2

  1. Eulalia Enderson berkata:

    yeah, this is a good information bookmarked🙂 I’ve made updated my website check it out would be nice Arabic Girls names

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s