Zallaqah

Judul Asli : Zallaqah, Ma’rakatun min Maarik Al-Islam Al-Hasimah fil Andalus
Judul Terjemah : Zallaqah, Pertempuran Sengit di Andalusia antara Islam dan Nashrani (Kristen)
Penulis : Dr Jamil Abdulah Al-Mishri (Mantan Dosen Universitas Islam Madinah)
Tahqiq : Syaikh shalih As-Suhaimi
Halaman : 87
File : 1.25 MB (djvu)
Kategori : gratis


Sungguh pelbagai peperangan di dunia yang diabadikan dalam sejarah teramat banyaknya. Dari peristiwa sejarah itu muncul berbagai perubahan global yang memiliki pengaruh yang amat besar. Sedangkan peperangan Islam tetap menjadi salah satu perkara yang masyhur dan vital. Hal ini dikarenakan perang dalam ajaran Islam bukan merupakan tujuan utamanya. Akan tetapi perang menjadi sarana untuk memperoleh berbagai tujuan (yang mulia). Apabila suatu kondisi telah mencapai titik tertentu maka diharuskan padanya perang. Apa yang dipahami dari jihad adalah suatu perkara yang telah gamblang makna dan tujuannya. Yaitu perang di jalan Allah, dengan tujuan untuk menyampaikan dakwah dan menyebarkannya, atau untuk mengokohkan dan mempertahankan dakwah. Apabila urusan dakwah telah mendapati kebuntuan, tidak ada cara lain lagi untuk menyampaikannya maka perangpun dikobarkan. Dan harus dalam menjalankannya disertai unsur kesabaran. Dari sinilah, peperangan Islam menjadi penyokong utama dalam dakwah, baik dalam menyebarkan, mempertahankan, maupun mengokohkannya.

Semenjak Perang Badar )rang menjadi pemisah – al furqan (memisahkan kebenaran dari kekufuran)-, yang langsung dipimpin oleh penghulu seluruh makhluk; yaitu Muhammad saw; kaum muslimin dalam (seluruh) peperangannya berupaya untuk mencapai puncak tertingginya, baik dari sisi tujuan maupun makna, pengaturan, serta hasil-hasil (yang hendak dicapai).

Oleh karena itu, terjadilah Perang Khaibar pada masa Nabi saw, yang telah mengakhiri bercokolnya Yahudi di Negeri ‘Arab. Kemudian Perang Yarmuk yang menentukan kelanjutan Kerajaan Syam dan Imperium Romawi secara keseluruhan. Lalu Perang Qadisiyah yang menentukan kelanjutan ‘Iraq dan Imperium Persia.

Demikianlah peperangan Islam terjadi terus-menerus dan berturutan. Hingga pada masa paruh kedua dari abad ke-5 H berkecamuklah dua perang, yaitu: Muladzikurd (Manzikert) di Asia Kecil yang menentukan nasib kerajaan Asia kecil pada tahun 463 H. Dan Perang Zallaqah (Zalaca) yang terjadi di bumi Spanyol menjadi saksi dan menghentikan laju imperialisme kaum salibis yang berkembang hingga tahun 479 H.

Kondisi Dunia Islam sempat mengalami kemerosotan pada permulaan abad ke-5 H, baik di belahan timur maupun di barat. Pemahaman (Syi’ah) Rafidhah menyrebar dan berbagai macam perpecahan merebak di belahan barat dengan runtuhnya kerajaan Umawiyyah dan hancurnya kerajaan Al ‘Amiriyyah. Kendatipun demikian Allah swt telah mempersiapkan bagi kaum muslimin: Kerajaan As Salajiqah (orang-orang Saljuq) di belahan timur yang kerajaannya mampu mencapai puncak kekuatan pada pertengahan abad ke-5 H. Dan Kerajaan Al Murabithin’ di belahan barat, puncak kekuatannya terjadi pada kurun ini pula.

Kedua kekuatan ini menjadikan jihad sebagai jalan untuk mencapai kemulian Islam dan muslimin, serta membela agama. Kedua kerajaan ini menyebarkan Islam ke belahan bumi yang luas. Kerajaan As Salajiqah menyebarkan Islam hingga mencapai wilayah Asia kecil, sehingga menjadi wilayah Islam. Sedangkan Kerajaan Al Murabithin melebarkan sayap Islam ke benua Afrika bagian barat dan menyeberangi gurun pasir (Gurun Sahara-pen) hingga mencapai Sudan. Mereka pun telah menjalankan kewajiban mereka dalam menolong saudara-saudara mereka di Andalusia (Spanyol), serta menjaga Islam.

Akan tetapi kisah ini berakhir tragis ketika umat Islam kembali kepada perpecahan dan haus harta benda, sehingga badai kehancuran pun menimpa kaum muslimin di seluruh daratan andalusia. Dimana sampai sekarang Islam hanya tinggal kenangan di negeri tersebut.

Semoga kisah ini menjadi ibrah bagi kita semua, bahwa hanya kembali kepada jalan Allah dan Rasul-Nya kemenangan Islam akan menemukan hakikatnya.

download ebooknya gratis!

Tentang mykampungsunnah

yoga permana tea teu bireuk deui
Pos ini dipublikasikan di Free Ebook, sejarah/biografi dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Zallaqah

  1. Noval berkata:

    Saya coba download zallaqoh dan tawassul tetapi file damaged, tolong dicek

  2. Yoga Permana berkata:

    File tidak ada masalah..kemungkinan anda downloadnya kurang sempurna, bisa jadi akibat kegagalan koneksi pada saat download

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s