Tawassul

Judul Asli: Tawwasul wa Anwa’ahu
Judul Terjemah : Tawassul
Penulis : Syaikh Nashiruddin Al-Albani
Halaman: 197
File : 6.5 MB djvu
Kategori : Gratis


Kejahilan yang melingkupi umat Islam memberikan peluang besar bagi para ambisius dan mereka yang ditunggangi oleh bisikan nafsu, untuk menggiring orang awam pada bentuk ibadah dan pola kehidupan beragama yang hanya berlandaskan praduga dan perkiraan saja. Tragis memang, tapi inilah yang terjadi sejak umat sudah tidak mau menaungi kehidupannya dengan berlandaskan Al-Quran dan Sunnah yang shahih.

Telah terjadi pertentangan besar menyangkut masalah tawassul dan hukumnya menurut agama, antara yang membolehkan dan yang mengharamkan. Telah berabad-abad lamanya kaum muslim terbiasa mengucapkan di dalam doa mereka:

“Ya Allah, dengan hak Nabi-Mu, atau dengan kemuliaan atau kehormatannya di-sisi-Mu, ampunilah aku.”

“Ya Allah, dengan kemuliaan para wali dan orang-orang shaleh, seperti fulan dan fulan.” dsb

Mereka menamakan semua ini tawassul . Mereka membolehkannya dan menganggapnya syar’i (sesuai dengan syara’), karena-menurut mereka-terdapat beberapa ayat dan hadits yang menguatkan dan mensyariatkannya. Lebih sesat lagi, ada sekelompok orang yang membolehkan tawassul kepada Allah dengan melalui sebagian makhluk-Nya yang sebenarnya tidak layak memperoleh kehormatan; seperti kuburan para wali, bangunan yang didirikan di atas kuburan mereka; tanah, batu dan pohon yang ada di sekitar kuburan tersebut.

Mereka menganggap apa yang ada di sekitar sesuatu yang mulia adalah mulia, dan penghormatan Allah kepada penghuni kubur itu berarti penghormatan pula kepada kuburannya, sehingga sah untuk menjadi wasilah (perantara) kepada Allah. Bahkan ada pula yang memperbolehkan istghatsah (meminta pertolongan) kepada selain Allah, lalu di katakannya tawassul. Padahal perbuatan tersebut merupakan perbuatan syirik yang menggugurkan tauhid.

Lalu apakah tawassul itu? Apakah macam-macamnya? Apakah maksud ayat-ayat dan hadits-hadits yang berkenaan dengan masalah ini? Bagaimanakah hukumnya menurut Islam? Pada buku ini semuanya akan dijelaskan secara rinci.

Boleh jadi mereka yang bermudah-mudahan dalam perkara ini menganggap tawassul adalah perkara ikhtilaf biasa bahkan menganggap hal ini bukan termasuk perkara terkait akidah, sehingga bentuk kesalahannya tidak termasuk perkara yang menggugurkan tauhid. subhanallah! Maha Suci Allah atas apa-apa yang mereka ada-adakan.

Semoga Allah merahmati kita semua yang diberi pengetahuan walau hanya sedikit sekali, akan tetapi senantiasa semuanya menjadikan kita tetap teguh di atas kebenaran. Amiiin

Download ebook nya gratis disini.

Tentang mykampungsunnah

yoga permana tea teu bireuk deui
Pos ini dipublikasikan di akidah, Free Ebook, manhaj, Tauhid dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tawassul

  1. ADUY berkata:

    Sukron akh. ana numpang donlot moga-2 menjadi tambah ilmu ana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s