Mukhtasar Shahih Bukhari, Jilid 1

Judul Asli : Mukhtasar Shahih Bukhari 1
Judul Terjemah : Ringkasan Shahih Bukhari 1
Penulis : Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani
Halaman : 500
File : 6 MB djvu
Kategori : Member


Umat Islam mana yang tidak mengenal Shahih Bukhari, Sebuah kitab hadits yang paling shahih diantara semua kitab hadits yang ada, yang pernah dihimpun dan dikumpulkan oleh para Imam Ahlul Hadits.

Kitab Shahih Bukhari ini, kemudian diringkas oleh Syaikh Nashiruddin Al-Albani dengan tujuan ilmiah dan tentunya untuk mendapatkan manfaat tambahan lainnya.

Sejatinya, Kitab ini bukanlah kitab ringkasan, akan tetapi sebuah kitab kajian ilmiah terhadap shahih bukhari, dimana Syaikh Al-Albani menggabungkan hadits-hadits dari jalur Sahabat yang sama, dengan tema yang sama, dan menghindari pengulangan yang sangat banyak, dimana kita ketahui satu hadits dalam shahih bukhari pada bab tertentu kadang diulang pada bab yang lainnya.

Kemudian riwayat-riwayat mu’alaq (yang tidak bersanad) dalam shahih bukhari, beliau takhrij dan tahqiq dengan sangat teliti, sehingga klaim sebagian orang bahwa hadits mualaq dalam shahih bukhari tidak bisa dijadikan hujjah karena tidak bersanad dan ini berarti dhaif menurut Imam Bukhari, bisa naik derajatnya berdasarkan syawahid dari jalur-jalur periwayatan lain, atau bahkan Imam Bukhari sering memualaq’an suatu hadits pada bab tertentu, tetapi beliau sendiri meriwatkan secara maushul pada bab lainnya. Inilah salah satu kelebihan kitab Mukhtasar ini, dibanding kitab-kitab mukhtasar yang sejenis, disamping manfaat lainnya dimana syaikh memberi penjelasan akan faedah-faedah hadits yang dirasa perlu untuk beliau jelaskan, dengan membandingkan dengan pendapat al-hafidz Ibnu Hajar pada Fathul Bari.

Kitab ini aslinya terbit dalam 4 jilid, Jilid 1 diterjemahkan menjadi 2 jilid, adapun jilid-jilid berikutnya sama seperti kitab aslinya, jadi jumlah semua jilid untuk terjemahan menjadi 5 jilid. Insya Allah KampungSunnah, akan mengkompilasi menjadi ebook semua jilid dari kitab Mukhtasar ini, secara simultan dan berkesinambungan, semua ini kami berikan khusus kepada member kampungsunnah. Anda tertarik gabung dengan kami ? lihat get ebook

Tentang mykampungsunnah

yoga permana tea teu bireuk deui
Pos ini dipublikasikan di Hadits dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Mukhtasar Shahih Bukhari, Jilid 1

  1. abdurrahman berkata:

    semoga apa yang kita perbuat, menjadi bernilai ibadah di sisi Allah Swt.
    amien…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s