Konsisten Dengan File DJVU

Sampai saat tulisan ini diposting, masih saja ada yang selalu bertanya, baik via YM atau pada komentar atau malah by phone langsung, ...”lo kok mas filenya djvu, gimana buka nya…? ” – pertanyaaan senada masih aja selalu ada yang melontarkan padahal sudah jelas-jelas di web ini ada tulisan viewer untuk file djvu, kalau nyari-nyari gak ketemu juga, silakan download disini , dibaca apa gak yah…atau emang gak mau nyari-nyari lengkap, serba pengen cepat dan gratis hehehehe !!!

Kadang jengkel juga seh, tapi ya berusaha untuk berfikiran positif, mungkin mereka masih baru dengan file djvu, toh saya sendiri juga baru tahu kok,  setelah dikasih tahu seorang teman, bapak supriman, ketika kampungsunnah sudah berjalan hampir setahun. Sebelumnya kampungsunnah ikut-ikutan (taqlid) dengan mayoritas user pembuat ebook, apalagi kalau bukan dalam format pdf yang kadong sudah terkenal duluan.

Kenapa saya lebih memilih file djvu dibanding format pdf ?

Setelah mencoba merasakan sendiri, apa-apa yang tertulis pada web djvu.org sang empunya file djvu, ternyata terbukti file djvu memiliki kelebihan tersendiri dibanding file pdf, diantaranya yang saya rasakan:

– Ukuran File jauh lebih kecil bahkan bisa 90% lebih kecil dibanding file pdf ini untuk file yang dibentuk dari scan image, demikian pula file yang dibentuk dari caracter text bisa mengurangi sampai 60%. Sungguh sangat bermanfaat, ditengah harga bandwith internet yang relatif mahal untuk di Indonesia, yang tidak sebanding dengan kecepatan download yang super lambreto (baca : seperti siput jalan)

– DJVU dikembangkan oleh komunitas opensource dan berlicence GNU/GPL sebagaimana linux, karena pada asalnya memang format djvu dikembangkan untuk platform linux, sehingga pemakaiannya aman dari sisi legalitas…walaupun bukan perkara ini yang bikin saya tentram, karena legal dan non legal tidak berarti halal dan haram. Tul tidak, berapa banyak perkara yang dilegalkan negara tetapi haram menurut agama, demikian pula sebaliknya banyak yang dihalalkan oleh agama tetapi ilegal menurut negara…ya mau gimana lagi…itulah indonesia, nanti deh dibahas lebih lanjut kalau ada waktu.

– Fitur nya sangat sederhana, kalau tidak dikatakan minimalis, tetapi sudah cukup untuk kepentingan sebuah ebook.

– bisa juga ditambahkan fitur pencarian text, hanya membutuhkan softwere pihak ketiga.

reader djvu (untuk window), sangat ringkas, tanpa perlu instalasi, tak butuh resource yang banyak, sehingga yang masih pakai komputer Jadul-pun bisa menikmati dengan baik.

Itu sedikit gambaran yang bisa saya paparkan mengenai file djvu, untuk kelengkapannya silakan kunjungi web nya di http://www.djvu.org.

Tentang mykampungsunnah

yoga permana tea teu bireuk deui
Pos ini dipublikasikan di Rehat dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Konsisten Dengan File DJVU

  1. afsar ara berkata:

    djvu nda bisa ctrl+F ya?

  2. mykampungsunnah berkata:

    bisa kalau yang dibuat bisa pencarian text

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s