Tafsir Ibnu Katsir Juz I


Judul : Tafsir Ibnu Katsir Juz I. (Surat Al-Fatihah – Al-Baqoroh 141)
Penulis : Ibnu Katsir
Penerbit : Sinar Baru Algesindo
Halaman : 1039
File : Pdf-image


Terjemahan Tafsir Ibnu Kasir ini merupakan terjemahan dari kitab asalnya karya tulis Ibnu Kasir sendiri tanpa ada ringkasan atau melalui karya tulis pihak lain. Kitab Tafsir Ibnu Kasir terkenal sebagai kitab tafsir yang dikelompokkan ke dalam tafsir bil ma’sur(tafsir ayat-ayat Al-Qur’an dengan hadis-hadis Nabi SAW) sehingga terhimpun di dalamnya faedah yang sangat banyak karena di dalam kandungarinya termuat dua pokok sumber hukum Islam, yaitu Alqur’anul Karim dan Sunnah Rasul-Nya.

Tiada suatu ayat pun yang ada di dalamnya melainkan diterangkan dengan hadis yang melatarbelakangi penurunannya, sehingga memperjeias makna yang dimaksud dan subjek yang ditujunya. Bahkan di dalam kitab tafsir ini disebutkan pula sanad setiap hadis yang dikemukakan sebagai tanggung jawab iimiah dari Al-Imam Ibnu Kasir dalam penukilannya.

Pada kenyataannya tidaklah seperti apa yang dituduhkan oleh para penulis sekarang yang meringkasnya, di antaranya ada yang beralasan tafsir ini banyak hadis daif dan israiliyatnya. Padahal kalau kita kaji lebih mendalam, menjadi jelaslah duduk perkaranya. Dalam penyajiannya Al-lmam Ibnu Kasir tidak sembarangani mengeluarkan hadis-hadis yang daif, melainkan hanya yang tidak ada kaitannya dengan hukum. Dan apabila berkaitan dengan kisah umat-umat terdahulu, yang dikenal dengan istilah israiliyat. Adapun kalau. sehubungan dengan ayat-ayat hukum, maka baik hadis maupun sunnah yang diketengahkannya berpredikat sahih dan paling tidak hasan. Secara garis besar Tafsir Ibnu Kasir merupakan tafsir yang menggabungkan antara ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis-hadis, sehingga sangat diperlukan oleh setiap kaum muslim yang ingin mempelajari tafsir dalam skala yang lebih mendalam.

Selanjutnya kami secara bertahap akan mengkompilasi ebooknya sampai 30 jilid lengkap, Insya Allah, dalam blog ini khusus bagi warga tetap kampung sunnah sesuai dengan waktu yang kami miliki , semoga bermanfaat….

  • ) download hanya untuk warga tetap kampung sunnah.
  • ) link dikirim via email teregistrasi

Tentang mykampungsunnah

yoga permana tea teu bireuk deui
Pos ini dipublikasikan di tafsir dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tafsir Ibnu Katsir Juz I

  1. zainalabidin berkata:

    masyaallah e book yg saya cari cari ternyata adanya disini.syukron akhi, baarokallohu fiik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s